Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi. Dalam suatu sistem jaringan, dimana seluruh komputer saling berbagi data dan resources satu sama lain sehingga tercapai efisiensi dalam pemanfaatan teknologi, amat dibutuhkan perangkat-perangkat khusus dan instalasi tertentu.

Hub
Hub atau konsentrator adalah peralatan sentral yang berfungsi sebagai penghubung komputer selain sebagai sarana komunika data. Hub menerima pesan dari node pengiriman dan menjalankannya ke node tujuan. Hub identik dengan topologi star.
Hub terdiri atas beberapa port. Port dari hub digunakan untuk memasang konektor RJ-45 yang sudah dipasangi kabel UTP. Pada saat ini terdapat Hub dengan jumlah port 5, 8, 16, 24, dan 32. Salh satu port dapat digunakan untuk melakukan hubungan antar hub atau cascading. Port yang digunakan untuk hubungan antarhub disebut dengan port uplink. Akan tetapi, sebaiknya sebelum melakukan cascading kamu harus membaca manual komponen tersebut. Pada hub dengan merek tertentu biasanya diberikan port khusus untuk melakukan cascading. Hub juga dapat menggandakan frame data yang berasal dari salah satu computer ke smua port yang ada pada hub tersebut. Sehingga semua computer yang berhubungan dengan port hub akan menerima data juga.

Router
Router, merupakan peralatan jaringan yang dapat menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain. Sepintas lalu router mirip dengan bridge, namun router lebih cerdas dibandingkan dengan bridge. Router bekerja menggunakan routing table yang di simpan di memori-nya untuk membuat keputusan tentang ke mana dan bagai mana paket dikirmkan. Router dapat memutuskan rute terbaik yang akan dipenuhi oleh paket data. Router akan memutuskan media fisik jaringan yang disukai dan yang tidak disukai. Protocol routing dapat mengantisipasi berbagai kondisi yang tidak dimiliki oleh peralatan bridge. Router bekerja pada layer network.

Switch
Switch adalah media komunika jaringan yang menyerupai hub. Switch juga terdiri atas berbanyak port untuk menghubungkan komputer srver dengan workstation. Perbedaan switch dengan hub adalah kecepatan transfer data dari komuter server ke workstation dan sebaliknya. Jika perangkat jaringan yang terhubung pada sebuah LAN terlalu banyak maka kebutuhan transmisi meningkat melebihi kapasitas yang mampu dilayani oleh media transmisi jaringan. Cara kerja switch mirip dengan bridge. Sehingga kadangkala switch disebut sebagai multiple bridge dan setiap host yang terkoneksi akan mendapatkan full bandwidth. Switch memiliki beberapa kelebihan di bandingkan bridge, anatar laian dalam hal forwarding methord paket yang dilewatkan.

Software Server
Perangkat lunak jaringan terdiri dari driver interface (NIC), Sistem Operasi Jaringan atau Network Operating System (NOS), Aplikasi Jaringan, Aplikasi Manajemen dan Aplikasi Diagnostik/Monitoring dan Aplikasi Backup. Beberapa dari elemen-elemen ini terbundel dalam satu paket NOS dan sebagian berbentuk sebagai third-party software.
Driver menjembatani kartu jaringan dengan perangkat lunak jaringan di sisi server maupun workstation. Driver kartu jaringan spesifik terhadap jenis kartu jaringan dan sistem operasi yang dipakai, biasanya selain disediakan oleh vendor pembuat kartu tersebut juga kadang disediakan oleh vendor sistem operasi jaringan.
Jenis driver yang dikembangkan ada dua buah yaitu Open Data-Link Interface (ODI) dan Network Driver Interface Specification (NDIS).
Network Operating System berjalan di server dan bertanggungjawab untuk memproses request, mengatur jaringan, dan mengendalikan layanan dan device ke semua workstation. NOS bisa saja merubah file system yang dipakai di workstation secara transparan, misalnya pada sistem Novell Netware, workstation menggunakan Windows dengan filesystem FAT dan server menggunakan Netware File System.
Setiap workstation membutuhkan aplikasi NOS client untuk dapat berkomunikasi dengan server. Aplikasi ini sering juga disebut sebagai shell, redirector, requestor atau client. Pada umumnya NOS client sudah terbundel dalam sistem operasi, misalnya Samba client di Windows sudah termasuk dalam Explorer.
Network Aware Application adalah bundel aplikasi server yang didesain khusus untuk sistem jaringan. Aplikasi ini mempunyai sifat aware terhadap sistem jaringan seperti pencatatan akses, pembatasan akses tertentu, dll. Aplikasi yang canggih dalam dunia client/server bahkan bisa membagi proses ke mesin-mesin lain yang terpisah.

Server
Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak web server. Agar computer ini dapat diakses oleh client maka computer harus terhubung ke jaringan (intranet atau internet). Dalam jaringan internet, computer ini bias saja bernama http://www.google.com. http://www.bl.ac.id atau memiliki kode computer (disebut IP Address) seperti 202.10.20.10 dan 200.100.50.25.
Pertama-tama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di computer client. Misalnya client mengetikan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser http://www.google.com. Client menekan tombol enter atau klik tombol Go pada browser. Melalui media jaringan (bisa internet, bisa intranet) dan melalui protocol http,akan dicarilah computer bernama http://www.google.com. Inilah yang disebut request. Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client, server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: